Cara Membuat Mainan Mesin Kasir dari Kardus

Mainan mesin kasir cash register

Mesin Kasir adalah peralatan yang mudah dijumpat di pusat perbelanjaan. Mesin kasir berguna untuk menyimpan uang dari costumer pada tempat perbelanjaan seperti supermarket dan minimarket. Sekarang banyak toko tradisional yang sudah menggunakan mesin kasir untuk tokonya. sehingga lebih rapi dan termanagemen dengan baik

Mainan mesin kasih juga banyak dijual dipasaran. Mainan mesin kasir juga bermanfaat untuk perkembangan anak. Bermain mesin kasir juga mensimulasi anak bagaimana menjadi seorang kasir dan mempunyai toko yang besar dengan menjual berbagai barang. Dimana dalam permainan  mereka menggunakan mesin kasir seolah-olah berada di minimarket.

Jika anak kita mempunyai banyak teman sepermainan yang biasa main kerumah kita, maka mainan mesin kasir sangat cocok untuk dimainkan dirumah. Kita bisa membuatkan anak-anak kita mainan mesin kasir dari kardus, atau mungkin mereka bisa membuatnya sendiri dengan lebih sederhana tentunya.

Membuat Mainan Mesin Kasir dirumah dari kardus



Mainan kasir-kasiran ini masih sederhana. Hanya terdapat laci tempat uang dan tombol calculator serta layar yang menampilkan beberapa barang belanjaan. Mainan ini sudah cocok untuk anak betah main dirumah terutama anak peremuan. Agar lebih asyik ditambahkan juga kertas HVS yang berfungsi sebagai struk pembelanjaan membat main tambah asyik. Pada video ini saya menggunaan struk belanjaan bekas dari indomaret.

Dalam pembuatan video ini saya tidak menampilkan anak yang sedang memainkan karena saya tidak punya anak perempuan hehe tapi tak apa semoga mainan ini bermanfaat. Karena saya lihat di youtube sepertinya ada beberapa yang sudah membuat mesin kasir yang satu ini. mudah-mudahan menginspirasi.

Mesin kasir ini juga dilengkapi dengan kunci yang saya buat dari stik es krim yang saya bungkus dengan kardus. Miriplah dikit dengan kunci-kuncian. Membuat penyimpanan brangkas pada mesin kasir ini lebih aman. Untuk pembuatannya silakan tonton videonya sampe selesai. ada masalah silakan ditanya saja dikomentar.

Membuat mesin kasir lengkap dengan barcode scanner



Mesin kasir ini saya buat karena mesin kasir yang pertama diluar dugaaan banyak penontonnya, jadi saya buat versi kedua yang lebih lengkap fungsinya. Untuk pembuatannya lebih lama karena lebih lengkap terutama pada bagian timbangan. 

Saat Timbangan ini ditekan, maka jarum pada timbangan ini akan memutar menandakan berapa berat barang yang ditimbang.

Dilengkapi juga dengan struk yang saya tulis sendiri. Sebenarnya untuk lebih menarik bisa menggunakan struk bekas belanjaan Indomaret atau Alfamart.

Pada bagian atas ada layar yang menunjukan berapa barang yang sudah dibeli. Display barang ini bisa diputar 360 derajat. Menjadikan mesin kasir ini seolah beneran.

Ada juga kalkulator, tapi tombolnya saya buat terlalu besar sehingga tombolnya sedikit sehingga kurang lengkap. 

Untuk menyimpan barang disertai juga kasir atau tempat uang. Karena mesin kasirnya kecil, maka uangnyapun muat sedikit. tapi tak apa karena sudah ada juga. Disini lacinya tidak memiliki kunci. Harusnya ada tombol yang bisa membuat laci terbuka otomatis, karena sudah terlalu lama membuatnya saya batalkan untuk membuat kunci otomatisnya.

Untuk menscan barang belanjaan saya buatkan juga scannernya. Masih dari bahan kardus untuk kabelnya saya menggunakan benang kasur. Lebih tepatnya adalah benang bekas karung semen. Namanya juga terbuat dari barang bekas, barang apa saja saya pakai yang penting jadi :D.

Itulah review dari mesin kasir kedua. Untuk cara pembatan mesin kasir mainan ini tonton videonya jangan lupa subscribe juga channel youtubenya.

Cara Membuat kalkulator printer




Ini adalah Kalkulator printer. kalkulator toke dipasar ini saya buat juga dari kardus dan kali ini saya cat untuk menambah kemiripan dengan kalkulator sebenarnya. Namun sayang penonton untuk video ini kurang banyak kurang memuaskan juga.

Kalkulator printer ini juga kurang populer dipasaran mungkin karena itu juga penntonnya sedikit.

Pada kalulator ini dilengkapi dengan struk yang sudah saya siapkan pada bagian atas. tombolnya juga dari kardus yang ditempel dari atas sehingga tampak timbul.

Untuk cara membuatnya silakan tonton video sampai habis jangan lupa like jika suka video ini dislaki jika tidak suka dan yang paling penting subscribe juga channel youtubenya.

Jika ada saran mainan apa yang ingin dibuatkan video,  silakan komentarnya. lebih efektif beromentar di bawah video yang ditonton.

Salam sukses selalu Nawi Channel
Next Post Previous Post