Cara Membuat Media Pembelajaran siklus air


Kali ini saya akan membuat media pembelajaran siklus air sebagai bahan pembelajaran IPA SD/MI kelas 5. Pada Praktek kali ini saya menggunakan kardus bekas dan beberapa bahan lain sehingga media pembelajaran yang berhasil dibuat seperti pada gambar diatas.

Cara pembuatan media pembelajaran ini menggunakan media seadanya dan beberapa media pelengkap yang sebenarnya sudah pernah saya buat dalam bentuk video yang tayang dalam channel YouTube saya Nawi Channel. Untuk uraian dan urutannya akan saya jelaskan seperti berikut ini.

Bahan pembuatan media pembelajaran siklus air

  1. kertas kardus 30 x 50 cm
  2. kertas hvs
  3. cat air
  4. spidol
  5. pensil

Alat pembuatan model siklus air

  1. pisau, 
  2. cutter
  3. gunting

Proses pembuatan poster siklus air

  1. Siapkan beberapa kardus. Kardus pertama ukuran 50 x 30 untuk alas. Pada kardus kedua kemudian potong sesuai pola seperti pada gambar berikut ini diberi lem kayu ratakan untuk hasil yang lebih kuat gunakan beli lem pada kedua lapisan kertas langkah berikutnya adalah jangan lupa olesi di dalam untuk pada lapisan kedua tempelkan pada potongan kardus yang pertama seperti gambar berikut ini
    Cara Membuat Media Pembelajaran siklus air
    Buat tempel lapisan satu kali lagi sehingga ada kesan tiga dimensinya. Tempelkan lagi lapisan yang kedua dan ketiga. Beri lem kedua sisi agar menempel dengan kuat.
    Cara Membuat Media Pembelajaran siklus air

  2. Gunakan pewarna. saya menggunakan watercolor beri warna biru tua untuk mendapatkan kesan langit agar hasil pengecatannya melekat dengan sempurna gunakan juga lem jadi warna dicampur dengan lem kayu untuk mendapatkan biru yang terang saya menambahkan warna putih sehingga lebih cerah katakan dengan kuas lakukan beberapa lapisan tambahkan warna hijau untuk mendapatkan kesan matahari langit sedang cerah untuk gunungnya kita menggunakan warna hijau tambahkan biru untuk mendapatkan kesan air lautnya.
    Cara Membuat Media Pembelajaran siklus air
    Selanjutnya kita beri warna biru ya kita beri warna putih untuk mendapatkan kesan air laut dan pantai lanjutkan hingga proses selesai.
  3. Selanjutnya kita tempel potongan kertas yang berbentuk seperti matahari. Tempelkan juga bentuk awannya di sini saya membuat ada tiga bentuk awan kemudian bikin tembakan juga perahunya yang sudah saya beri warna merah kemudian beri garis ke atas ini menandakan adanya penguapan air laut.
    Cara Membuat Media Pembelajaran siklus air
     
  4. Selanjutnya saya membuat titik-titik hujan dari kardus kemudian dipotong setelah itu saya beri benang untuk mendapatkan kesan air yang menetes atau air hujan yang turun dari awan. 
    Cara Membuat Media Pembelajaran siklus air

Penguapan itu tidak hanya terjadi di laut tetapi juga di daerah pegunungan jadi penguapan air laut itu namanya evaporasi kemudian kondensasi ada transpirasi dan lain-lain.
 

Video pembuatan media pembelajaran Siklus Air



Jika adik adik dan teman teman guru suka video ini jangan lupa like dan subscribe melalui channel dan juga video-video kita lainnya sampai jumpa.


Next Post Previous Post