Cara Membuat Jam dinding dari kardus

Membuat Jam dinding dari bahan dasar kardus

cara membuat jam dinding dari kardus

Cara Membuat jam dinding dari kardus – Sebenarnya banyak alat rumah tangga yang bisa dibuat sendiri, salah satunya adalah jam dinding. Harga jam dinding sebenarnya tidak begitu mahal, namun jika bisa membuatnya sendiri tentu akan memberikan kesan yang berbeda.

Apabila di rumah Anda butuh kegiatan untuk menghibur buah hati, membuat jam dinding dari kardus merupakan pilihan yang bisa Anda coba. 

Untuk cara membuat miniatur, ada beberapa bahan yang pelu Anda siapkan, antara lain kardus sebagai media pembuatan, spidol, serta kertas HVS untuk menggambar angka-angka di dalam jam.


Agar lebih mudah, berikut merupakan tata cara pembuatan jam dinding dari bahan kardus yang bisa coba di rumah. 

1. Siapkan kardus tebal dengan ukuran 27 cm x 27 cm untuk masing-masing sisinya. Potong dengan lebar sekitar 1 cm, kemudian sisihkan. Buat sekitar 16 persegi panjang yang nanti akan digunakan sebagai pembatas pinggian jam. 

Cara Membuat Jam dinding dari kardus

2. Cara membuat miniatur, berikan lem di satu sisi, dan tempelkan dua persegi panjang yang sudah Anda buat sebelumnya. Buat empat buah untuk masing-masing sisi di jam dinding nantinya. 


Cara Membuat Jam dinding dari kardus

3. Berikan lem di bagian sisinya, dan tempelkan dengan tegak pinggiran jam dinding. Ikuti dengan ketiga sisi lainnya. Tunggu sampai lem benar-benar kering sebelum digerakkan. 

Cara Membuat Jam dinding dari kardus

4. Balik kardus yang sudah di lem menggunakan empat persegi panjang, di sisi lainnya lakukan dengan cara membuat jam yang serupa. 

5. Akan terbentuk persegi yang rapi, langkah selanjutnya untuk cara membuat jam dinding dari kardus adalah menutup lapisan persegi panjang yang Anda buat sebelumnya. Sehingga akan terlihat persegi yang rapi dan estetik. 

6. Siapkan kertas karton yang tipis, kemudian gambar dengan angka. Jika ingin lebih praktis Anda juga bisa langsung melakukan cetak dari printer untuk hasil yang lebih rapi dan variatif. 

7. Pasang setiap angka sesuai dengan urutan di dalam jam dinding, berikan lem dan rapikan. 

Cara Membuat Jam dinding dari kardus

8. Di bagian belakang jam dinding, pasang mesin jam dinding, kemudian ikuti dengan memasang jarum jam. Susun dengan rapi dan pastikan masing-masing jarum jam bisa berputar dengan baik. 

Cara Membuat Jam dinding dari kardus

9. Pasang baterai pada mesin jam dinding, kemudian sesuaikan dengan jam digital di ponsel yang Anda miliki.

Setelah belajar cara membuat Jam dinding yang terbuat dari kardus dan telah siap untuk dipasang. Keuntungan dari jam dinding ini adalah ia tahan banting dan tidak akan pecah jika terlempar dari ketinggian. Namun Anda harus menjaganya dari kelembapan dan air hujan, dengan memasangnya di tempat yang kering. 

Demikianlah langkah mudah cara membuat jam dinding dari kardus dengan bahan-bahan yang sederhana. Pembuatannya tidak membutuhkan waktu lama dan cukup ekonomis, semoga membantu Anda untuk mengisi aktifitas waktu luang bersama dengan keluarga.

Selanjutnya anda bisa baca cara membuat mainan ATM tanpa mesin.

Video pembuatan jam dinding dari kardus


 


Next Post Previous Post