Cara Membuat Miniatur Menara Kembar Petronas Dari Kardus

Cara membuat miniatur menara kembar Petronas dari kardus. Semua tahu keindahan menara kembar Petronas di Negeri Jiran Malaysia, pastilah memiliki miniatur menara ini akan menambah estetika dari suatu ruangan. Tapi yang namanya miniatur seperti itu harganya dapat terbilang mahal.

Twin Tower KLCC Petronas Malaysia

Tenang saja, kamu bisa loh, membuat sendiri miniatur menara Petronas, sangat murah atau bahkan tanpa biaya. Nah, disini kita akan membahas bagaimana cara membuat miniatur menara kembar Petronas dengan menggunakan bahan kardus. iya kardus, dengan ini jelas sekali betapa murahnya miniatur yang akan kita buat.

Baca juga cara membuat kompor mini

Yuk Simak Bagaimana Cara Membuatnya!

Siapkan bahan dan peralatan. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan adalah, kardus, tusuk sate, spidol, penggaris, cutter, dan juga lem.

Tahap cara membuat miniatur selanjutnya adalah membuat gambar persegi 6 cm x 6 cm di atas kardus, lalu gambar lagi persegi yang yang seginya berada tepat ditengah persegi tadi, sepanjang 6 cm x 6 cm. lalu potong sesuai gambar, dan buat sebanyak 6 buah.
Membuat pola tower

Lakukan kembali tahap 2, dengan ketentuan persegi yang dibuat memiliki ukuran 4,5 cm x 4,5 cm,  3 cm x 3 cm, dan 2 cm x 2 cm. semua ukuran memiliki jumlah yang sama, yaitu 6 buah.
Buat 6 buah ukuran besar

Ukuran pola yang lebih kecil

Ambil kertas lapisan kardus sepanjang 25 cm, lalu ukur berapa sentimeter sudut-sudut yang ada bidang datar paling besar yang telah dipotong tadi. Berikan tanda pada kertas tadi sepanjang sudut. Lalu lipat-lipat seperti kipas. Lalu tempelkan lipatan-lipatan tadi pada sudut-sudut bidang datar, begitulah cara membuat miniatur bangunnya. Pada setiap bangun terdiri dari 3 bidang datar yaitu 2 ujung 1 tengah.
Memasang lapisan kardus

Lakukan hal yang sama pada potongan yang lain, dengan rincian 4,5 cm menggunakan panjang kertas 7 cm, 3 cm menggunakan 5 cm, dan 2 cm menggunakan 3 cm.

Cara membuat miniatur tahap berikutnya gabungkan bangun-bangun tadi dari yang terbesar ke yang terkecil. Anda akan mendapatkan dua bangun yang serupa.
Susun bagian kardus

Lalu buat balok dengan ukuran 7,5 cm x 2 cm. tempelkan diantara dua bangun tadi, ditempel di bagian yang besar. Lalu anda dapat menambahkan gulungan kertas kardus sepanjang 7 cm di atas dua bangun tadi.

Buat jembatan kardus

Tahap terakhir dari cara membuat miniatur menara Petronas adalah melapisi miniatur dengan kardus yang lapisan kertasnya sudah diambil. Jadi ada gelombang, lapisi secara horizontal, dengan memotong kardus tadi secara panjang-panjang.
Ukuran tower
Lapisan kardus

Sudah mulai kebayang?

Miniatur menara Petronas ini memang murah meriah, asalkan kamu bekerja dengan rapi, maka hasilnya juga akan maksimal dan indah. Jika masih bingung coba saja kunjungi channel youtube: Nawi Channel, disitu kamu bakal tau cara lengkapnya.

Video cara pembuatan menara kembar Petronas twin tower


Next Post Previous Post