Cara jualan online di Etsy

cara jual di etsy


Cara Jualan di Etsy

Belajar etsy


Etsy itu adalah bisnis. Ada banyak hal yang harus dipelajari di Etsy agar kamu bisa berjualan disana dan mendapatkan keuntungan. Secara umum ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat berjualan di Etsy. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Buat Akun di Etsy.
  2. Daftarkan toko.
  3. Masukan listing barang.
  4. Kelola toko.
  5. Layani Pembeli.
Tulisan saya ini belum lengkap, karena itu ada bagian yang kosong yang menjadi pokok bahasan di postingan ini. Jika ada waktu dan respon pembaca terhadap tulisan ini baik, maka akan saya lanjutkan. Tetapi jika sepi adem ayem, maka akan saya biarkan seperti saat ini saja.

Daftar etsy

Untuk mendaftar dietsy itu mudah. Semua orang bisa karena jaman sekarang sudah terbiasa daftar disuatu situs. Untuk itu tidak saya jelaskan secara rinci disini. Karena postingan ini hanya akan membahas poin pentingnya saja.

Ide jualan di etsy

Bagi kita yang tidak mempunyai produk fisik, tetap dapat berjualan di Etsy yaitu dengan berjualan produk digital. Dengan produk digital kita masih bisa mendapatkan keuntungan dari Etsy. 

Karena produk digital mudah dibuat, maka tentu saja persaingannya tinggi. Jika anda ingin menang dipersaingan ini, maka anda harus konsisten, meluangkan waktu merawat dan menjaga toko Etsy kita agar bisa berhasil kedepannya. Jika tidak, toko kita akan berhenti ditengah jalan.

10 produk digital yang bisa dijual di etsy


Ada banyak sekali barang atau produk yang bisa dijual di Etsy. Mulai dari produk fisik hingga produk digital.

Untuk produk fisik etsy lebih fokus pada produk homemade atau handmade. Produk yang unik dan terbatas menjadi laris di etsy.

Untuk produk digital ada banyak yang bisa dijual. Menurut channel youtube Yoko Bomb. Setidak nya ada 10 ide produk digital yang bisa dijual di etsy.

Bagi kita orang Indonesia, mungkin produk digital seperti berikut ini tidak lazim. Tapi bagi orang luar negeri ini adalah produk digital yang laris di pasaran etsy.

Untuk dapat berjualan produk digital, modalnya kamu harus jago desain. Jika tidak, kamu bisa menggukan canva. Dengan canva kamu hanya perlu drag and drop saja, produk kamu akan dengan mudah dibuat dan dijual dietsy.

1. Thankyou card


Ini adalah kartu ucapan terima kasih karena sudah membeli produk kita. Kartu ini disertai dalam pembelian produk. Dikartu ini juga terdapat kupon diskon untuk pembelian produk berikutnya.

2. Coloring book


Ini adalah buku mewarnai. Biasa peminatnya adalah percetakan buku anak-anak. Seperti buku anak TK dan Paud. Buku mewarnai ada dua macam. Ada untuk anak dan ada untuk dewasa juga.

3. Gift tags template


Gift tags adalah potongan kertas yang disertakan pada sebuah produk. Misalnya label baju, celana dan lain-lain. Yang dijual disini adalah templatenya dengan berbagai bentuk dan ukuran.

4. event printable (ticket even, konser)


Misalnya ada orang yang akan mengadakan even dan menjual tiket. Mereka tidak perlu bikin sendiri model tiketnya, cukup beli di etsy. Kamu bisa menjualnya dan mereka yang membelinya. Ada banyak contoh yang bisa kamu jadikan referensi.

5. editable menu template(menu mmakanan di restoran


Produk ini pengunanya adalah restoran, rumah makan dll. Dengan membeli template ini mereka hanya perlu mengubah isinya. Sedangkan bentuk dan desainnya sudah sesuaii keinginan.

6. educational poster (poster edukasi)


Educational poster ini kalau di Indonesia sudah berbentuk jadi seperti poster abjad abcd, angka 123, foto rumah adat, foto pahlawan dll. Tapi diluar negeri bisa cetak sendiri mereka membeli file digitalnya.

7. Resume template


Untuk orang yang ingin melamar kerja, mereka membutuhkan resume template. Bagi orang luar, mereka biasanya tidak membuat sendiri melainkan membeli. Banyak toko online yang menjual template resume. Salah satunya di Etsy ini. Jadi jika kamu bisa menggunakan photoshop, Illustrator, atau word bisa membuat resume dan menjualnya disini.

8. meal planner


Menu makan harian untuk orang sana biasanya dibuatkan daftar. Hari ini apa, besok apa dan seterusnya. Untuk itu mereka membutuhkan meal planner. Dengan ini mereka akan terbantu mengolah jadwal makanan mereka. Unik juga dan bermanfaat. Kamu bisa juga membuat seperti ini dan bisa laku dipasaran etsy.

9. wedding planner


Menikah itu suatu proses panjang yang harus diselesaikan dengan sempurna. Orang barat menggunakan wedding planner untuk mempersiapkannya. Dengan planner ini pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Di etsy banyak template yang menjualnya dan kamu juga bisa bikin untuk menjualnya.

10. finance planner


Ini adalah catatan keuangan. Orang barat juga suka mencatat keuangan mereka secara rinci dalam finance planner. Mungkin kita juga bisa menggunakan catatan seperti ini. Kamu bisa lihat contohnya, Jika cocok bisa buat dan jual di etsy.

Cara jualan di etsy tanpa kartu kredit


Jualan di Etsy membutuhkan biaya-biaya. Karena kita melisting produk kita dikenakan biaya. Semua biaya ini digunakan menggunakan kartu kredit. Tanpa kartu kredit kita masih bisa melakukan transaksi. Kalau saya saya menggunakan kartu kredit virtual milik bank BNI. Kamu juga bisa menggunakan produk dari Jenius dari bank BTPN

Beberapa pembahasan yang belum saya selesaikan di postingan ini seperti kata kunci berikut.
Peraturan di etsy, cara menentukan harga di etsy, cara dropship di etsy, cara menjual lukisan di etsy, forum etsy indonesia, etsy indonesia

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tulisan ini salinan dari blog saya sebelumnya. dan lanjut ke tulisan saya berikutnya mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum jualan di etsy

Next Post Previous Post