Hal yang perlu diperhatikan sebelum jualan di Etsy

Apa saja hal-hal yang perlu diketahui sebelum berjualan di Etsy?

Pertanyaan Apa saja hal-hal yang perlu diketahui sebelum berjualan di Etsy? adalah pertanyaan dasar yang mungkin ditanyakan oleh semua orang sebelum berjualan di Etsy. Saya sendiri sudah pernah berjualan di Etsy namun gagal. Atas dasar pengalaman itu saya akan menjawab pertanyaan ini dan menceritakan kurang lebih sebulan selama saya berada di Etsy.

Etsy itu menarik, menggiurkan saat mendengar cerita kisah sukses saat mereka berjualan di etsy terutama saat pandemi. Karena itu saya tertarik untuk masuk dan berjualan dietsy. Saat pandemi Etsy begitu populer dengan produk handmade maskernya. Sejak saat itu toko online Etsy ini mulai dikenal luas.

Saat pandemi covid 19 toko Etsy menjadi sasaran orang untuk mencari penghasilan sehingga banyak orang menjadi penjual disana.


Namun saat masuk kesana semua tidak berjalan mudah. Semua butuh proses dan pada dasarnya kita harus tahu Esty itu toko apa? Etsy itu toko kerajinan tangan, Makanya yang original dan unik yang laku disana. Produk yang kita listing tidak semuanya diterima di Etsy karena mereka menyeleksi memang sangat ketat.

1. Barang yang dijual asli buatan kita bukan hasil jiplak


Produk digital adalah produk yang laris diEtsy karena itu juga termasuk produk kerajinan tangan. Dan para pemula seperti saya juga menjual produk digital ini. Jika produk kita mirip dengan produk seseorang biasanya tidak lolos. Kalaupun lolos biasanya kita akan mendapat pesan dari pemilik produk yang kita tiru (misalnya kita meniru produk seseorang) Pesannya meminta kita untuk menurunkan listingan kita jika tidak, kita akan dilaporkan sebagai plagiat oleh seller Etsy.

Karena listing produk di Etsy itu berbayar, maka jika sewa habis maka produk itu akan hilan dari toko etsy ini yang menjadikan Etsy bersih dari produk sampah.

2. Pasar utama Etsy Eropa dan Amerika jadi ongkos kirim menjadi pertimbangan ketika belanja di Etsy


Ketika kamu punya produk sendiri yang akan dijual, yang akan menjadi pertimbangan di Etsy juga ongkos kirim. sama juga dengan kita di Indonesia. Meskipun demikian produk kita tetap bisa laku meski dikirim dari Indonesia jika produknya unik dan berkualitas. Karena konsumen Etsy itu kan Eropa dan Amerika jadi mereka memang punya duit.

Untuk mengatasi ongkir yang mahal ada juga pedagang Etsy Indonesia yang sewa gudang di China untuk menjual produknya ke Amerika maupun Eropa tentunya barang China juga. Yang semacam ini pernah saya temui mereka mempromosikan nya melalui kursus kursus berbayar khusus berjualan Etsy.

3. Karena khusus hand made, maka saingan itu besar dengan menjual produk serupa.


Etsy itu kan toko Kerajinan tangan maka variasi produknya tidak banyak, jadi saingan sesama penjual itu yang banyak. Jika di bandingkan dengan Amazon ya jelas lebih besar amazon. Yang unik di Etsy itu kita bisa menjual hasil kerajinan tangan kita dengan harga mahal. Dan pembelinya orang berduit. Tapi ya itu tadi saingannya banyak.


4. Listingannya berbayar jadi siapkan modal memang untuk bertahan

Karena ini bisnis jadi jualan di Etsy itu kita sewa lapaklah kayak gitu. Jadi habis masa sewa maka dagangan kita gak bisa tampil lagi. Buat teman-teman harus siap dengan biaya sewa. Sewa listing, biaya iklannya juga, pokoknya banyak perintilan yang harus dibayar. Dan semuanya dalam bentuk dolar ya.

Saya rasa itu tulisan saya tentang Etsy mengenai hal apa yang perlu diketahui sebelum berjualan di Etsy. Sebelumnya saya sudah menulis cara berjualan di Etsy itu disini

Berikut beberapa pertanyaan seputar Etsy. Jika teman tertarik nanti saya akan bahas satu persatu.


Apakah kamu pernah menjual sesuatu di Etsy?

Lebih menguntungkan mana berjualan di platform Etsy atau eBay?

Bagaimana pengalamanmu berjualan daring di Etsy?

Barang apa yang kamu jual di Etsy yang paling laku keras?

Bagaimana trik/cara berjualan di Etsy?

Apa yang Anda jual di Etsy? Berapa lama Anda menerima order untuk pertama kali?

Next Post Previous Post