Cara Membuat Rak Buku Nempel di Dinding

Membuat rak buku bisa menggunakan kardus. Di youtube banyak tutorial cara membuat rak buku dari kardus tapi berbentuk lemari atau berbentuk kotak yang diletakkan diatas meja. Kali ini saya membuat rak buku dari kardus yang ditempel di dinding dan ia melekat kuat tidak terjatuh. Bagaimana caranya ayo kita bahas satu persatu.

Video cara membuat Rak Buku dari Kardus





Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat rak buku dari kardus


Alat
  • gunting
  • lem panas
  • pensil
  • penggaris
  • cutter
Bahan
  • Kardus
  • cat
  • lem kayu

Cara membuat Rak buku dari kardus

Pertama Membuat kotak kotak dari kardus

Langkah pertama kita terlebih dahulu membuat kotak kotak dari kardus. Pada video ini saya menggunakan kertas kardus bekas pampers. Karena kardus ini tipis saya melapisi hingga 4 lembar. Jika kardus yang digunakan terlalu tipis saya melapisi hingga 5 lembar, jika kardus nya tebal maka saya menggunakan 2 lapis saya. Untuk ukuran bisa anda lihat pada gambar berikut.

Karena disini saya menggunakan tiga kotak, maka saya buat tiga kotak saja. Jika Teman – teman ingin membuat kotak yang lebih banyak tidak masalah. Untuk ukurannya disamakan semua juga tidak masalah. Saya membuat tiga ukuran berbeda. Ini sesuai selera aja. Pada setiap bagian sisi luar kotak saya tutup permukaan kardus dengan kertas kardus juga sehingga hasilnya menjadi lebih rapi. Teman teman bisa menggantinya dengan isolasi kertas. Isoasi kertas lebih mudah digunakan.






Kedua menyatukan ketiga kotak yang sudah dibuat


Setelah kotak kotak selesai dibuat teman bisa menyatukan ketiganya. Susun polanya sesuai selera. Bila dirasa sudah pas teman bisa merekatkannya dengan lem kertas.






Ketiga mewarnai etalase buku dengan cat atau lem kayu


Setelah ketiga kotak kotak ini dilem dan sudah merekat kuat, maka bisa dilakukan finishing atau dicat supaya hasilnya tampak lebih bagus. Pada video ini saya tidak mewarnai karena saya tidak mempunyai cat sehingga tampak warna kardus asli. Jika teman ingin mengkilap, maka bisa melapisi dengan lem kayu saja tanpa dicat. Lapisi permukaan kardus dengan lem kayu. Setelah kering akan tampak warna kardus yang lebih mengkilap sehingga lebih enak dipandang mata.




Keempat menempel rak buku yang sudah dibuat ke dinding

Ini bagian yang penting karena jika kita salah menempelnya maka rak buku kita bisa jatuh. Penempelan di dinding ini menggunakan tekhnik khusus jika teman lengsung memasang lem tembak dan ditempel kedinding maka kardus tidak akan menempel dengan kuat. Berikut caranya.

Pertama buat garis pola pada dinding


Buat garis pola pada dinding menggunakan pensil secara keselurhannya. Buat pola pada bagian luar dan dalam.




kedua tempel dengan potongan kertas selebar 2 atau 3 cm.


Tempel potongan kertas tadi ke seluruh pola yang sudah dibuat baik diluar maupun dibagin dalam.


Ketiga. Jika pola sudah ditempel, masukkan rak kardus yang sudah dibuat kedalam pola tadi secara perlahan. Ditekan supaya rata. Jika sudah rata diberi lem seluruh sambungan kardus pola tadi. Jika ada bagian yang belum menempel maka tambahi dengan lem. Jika lem sudah dipasang dengan rata maka kardus akan menempel dengan kuat.

Selamat mencoba semoga berhasil.
Next Post Previous Post