Cara membuat masker kain tanpa mesin jahit

Cara membuat masker kain tanpa mesin jahit

Kali ini saya coba berbagi cara membuat masker kain. Dimana masker kain saat ini adalah barang yang paling penting untuk dibawa saat sedang berjalan atau sedang dalam perjalanan. 

Pentingnya membawa masker sama dengan membawa dompet. Karena apa kita berjalan terkena razia dan tidak membawa masker, maka kita akan kehilangan uang untuk membayar denda. Jikapun tidak kita akan disuruh untuk menyapu jalan atau kegiatan sosial lainnya. 

Masker kain yang akan kita buat tentunya yang mudah untuk dibuat. Sehingga tutorial ini mudah-mudahan menjadi bermanfaat untuk anda. Untuk itu kita akan membuat masker kain tanpa mesin jahit. Jadi hanya dengan jahit tangan kita bisa membuat masker kain. 

Bahan pembuatan masker tanpa mesin jahit

Pertama siapkan bahan bahan terlebih dahulu. Bahan bahan yang diperlukan membuat masker adalah

1. Kain perca, atau kain tipis beberapa lapis. Lebih banyak lapis nya lebih baik. Tapi kalau terlalu banyak nanti susah bernapas. Untuk itu 3 lapis saja sudah cukup 

kain bahan pembuat masker

2. Kardus. Untuk membuat pola dasar masker yang akan kita buat.

kardus untuk membuat pola masker

3.Gunting, jarum dan benang. Ini gunanya untuk menjahit. Tanpa kedua alat ini kita tidak dapat membuat masker kain seperti yang kita inginkan 

gunting untung menggunting pola dan kain

4. Jarum pentol. Jarum ini untuk mempermudah kita menjahit masker sesuai dengan pola yang kita buat. 

5. Penggaris dan pensil.

Selanjutanya proses pembuatan masker kain tanpa mesin jahit 

Pertama kita buat dulu pola dari masker yang akan kita buat. Pola yang dimaksud seperti pada gambar berikut ini. Perhatikan juga ukurannya agar saat sudah jadi dapat digunakan dengan pas. 

pola masker

Potong kain berdasarkan pola yang sudah dibuat. Sisakan setidaknya o,5 sentimeter dibagian atas dari pola. 1,5 cm pada bagian kanan dan kiri seperti pada gamber berikut ini. 

kain yang sudah dipotong mengikuti pola

Potong juga kain yang akan digunakan pada bagian dalam dengan ukuran diatas. 

kain dan pola masker

Jahit kain yang sudah dipotong tadi tepat pada bagian “V” nya atas dan bawah pada kedua kain. Tusuk dengan jarum pentul agar tidak bergeser. 

jahit pola masker


Gabungkan kedua kain tadi. Kemudian pasang jarum pentul agar tidak bergeser, kemudian japit pada pola yang sudah dibuat tadi. 

jahit pola masker

Kemudian balik kain yang sudah dijahit tadi agar hasil jahitan tampak rapi.

Setelah itu lipat bagian ujung dan jahit lagi. 

jahit ujung masker

Berikutnya buat lubang tali untuk pemasangan tali agar mudah digunakan. Lipat ujung kain lalu jahit. Nanti karet tali dimasukkan kedalam lubang tadi menggunakan peniti. 

membuat lubang tali masker

Lalu ikat ujung karet tadi dan masukkan dengan menggeser tali kedalam masker yang sudah kita buat. 

memasang tali masker kain



Dan selesai semoga bermanfaat. 

masker kain sudah jadi

Proses pembuatan masker kain tanpa mesin jahit ini saya ambil dari video youtube channel Achan’s Diary. Videonya sangat jelas dan mudah diikuti. Jika anda berminat silakan klik link diatas dan Subscribe juga channelnya agar anda bisa tahu video terbarunya.

Proses pembuatan masker kain tanpa mesin jahit alias dengan jahit tangan




Next Post Previous Post