Cara Membuat Lem Alat Tembak Dari Kardus



Cara membuat alat lem tembak dari kardus dan barang bekas

Lem tembak atau glue gun adalah lem yang praktis digunakan. Cepat kering dan mudah melekatnya. Daya rekatnya juga kuat. Untuk menggunakan Lem tembak kita harus menghubungkan perangkat alat lem tembak ini ke instalasi listrik. Jadi tanpa listrik lem tembak tidak dapat digunakan.

Sebelum kita bahas cara membuat alat lem tembak, kita bahas dahulu apa saja yang berhubungan dengan lem tembak ini. Baca informasi ini hingga selesai, karena informasi ini berguna bagi kamu sebelum membuat atau membeli alat lem tembak.

Cara Kerja dan cara menggunakan lem tembak

Cara menggunakan lem bakar tembak sangat mudah. Pertama colokan steker ke stop kontak, nyalakan tembaknya tunggu hingga panas. Setelah panas lem bisa digunakan. Cara menggunakannya tekan pelatuk tembaknya. Bila lem sudah cair maka akan keluar lem dari ujung tembaknya.

Harga alat lem tembak

Harga lem tembak masih mahal. Mulai 40 ribu bahkan sampai 300 ribu untuk merek yang bagus.

Jika kita hanya menggunakan sebentar maka 40 ribu sudah terbilang mahal. Untuk itu kita akan mengakali untuk membuat sendiri alat dari lem tembak sendiri dengan bahan kardus. Tapi jika anda akan menggunakan untuk jangka panjang, maka belilah yang bagus, karena yang mahal akan lebih awet dari pada yang murahan.

Dengan sedikit kreasi dan kreatifitas kita bisa membuat sendiri alat tembak atau glu gun secara sederhana tapi sudah bisa digunakan. Tanpa alat berbentuk tembak, kita akan menggunakan lem menggunakan lilin atau korek api

Cara membuat isi lem tembak

Sampai saat ini saya belum tahu cara membuat isi lem tembak. Tapi nanti akan saya coba untuk mengolah bekas lem tembak menjadi lem tembak.

Jika kita perhatikan bekas lem yang sudah digunakan akan menggumpal. Saat kita panaskan maka ia akan mengencer lagi dan bisa digunakan. Mungkin jika kita mengolahnya, maka sisa lem panas ini bisa digunakan lagi.

Untuk isi lem panas ini banyak dijual dipasaran dengan beragam harga. Mulai harga Rp 1.000, Rp1.500, hingga Rp 2.000 per batang untuk yang kecil dan Rp 3.000 untuk yang besar.

Cara menggunakan lem lilin tanpa tembak

Jika Anda belum memiliki tembak nya, maka cara menggunakannya dengan menyalakan lilin terlebih dahulu, kemudian bakar ujung lemnya. Bila telah mencair, maka kamu bisa menggunakan lemnya.

cara membuat alat lem tembak dengan mudah

Sebelum membuat alat lem tambak, siapkan terlebih dahulu bahan bahan pembuat alat lem tembak yaitu:
  • Kardus
  • kaleng alumunium bekas minuman
  • korek gas
  • stik es krim
  • solatip atau solasi

Langkah pembuatan alat lem tembak

  1. Pertama buat pola pada kardus yang akan dibuat. Disini menggunakan kardus tebal. Pola dibuat sebanyak dua buah.
  2. Siapkan 2 stik eskrim sebagai pelatuk tembak dan lubangi. Salah satunya diberi kardus dan lem.
  3. Potong kaleng minuman soda dan gulung hingga membentuk kerucut. Kemudian tempelkan ke korek gas.
  4. Tempelkan korek gas ke pola kardus yang sudah dibuat tadi.
  5. Buat cincin dari kardus, dan lapisi dengan potongan kaleng soda yang diberi lubang bergerigi bertujuan agar lem lilinnya bisa terdorong nanti saat digunakan lem dengan lem gila agar melekat.
  6. Pasang cincin kardus ini ke pelatuk tembak dan alat lem tembak siap digunakan
Untuk selengkapnya silakan tonton video berikut sampai habis.

Video Cara Membuat Lem Tembak Dari Kardus



Next Post Previous Post