Cara membuat mainan kereta api dari kardus

Mainan kereta api


Cara membuat mainan kereta api


Kereta api adalah alat transportasi yang memiliki beberapa gerbong yang berjalan di atas rel. Kereta mainan bisa dibuat menggunakan kardus. Untuk menjalankan mainan kereta api bisa menggunakan dinamo gear box. Selain dinamo gear box juga bisa digunakan dimano bekas mainan mobil-mobilan. Hanya untuk menggerakkannya, perlu karet gelang dan tutup botol. Cara pembuatannya bisa melihat video Cara membuat mobil jaman dulu



Bahan untuk membuat kereta kardus
  1. Kardus
  2. Kotak roda gigi dinamo
  3. Kertas origami / cat
  4. Stik Es Krim
  5. Dinamo
  6. Baterai
Alat yang digunakan  membuat kereta api
  1. Pemotong pisau
  2. Gunting
  3. Lem tembak

Cara membuat mainan kereta api dari kardus


Merakit mesin kereta api
Untuk membuat mesin diperlukan stik es krim. Gabungkan 2 stik es krim menjadi satu (Jika menggunakan yang besar cukup pakai satu stik saja). Tempelkan baterai 9v pada bagian atas stik. Tempel menggunakan lem tembak. Pada bagian bawah tempel juga dengan dinamo kotak (biasanya berwarna kuning).


Membuat roda kereta api.
Untuk membuat roda saya menggunakan kardus. Sebaiknya menggunakan tutup botol minuman karena lebih solid. Tutup botol ditutup lagi dengan kertas karton tebal dengan diameter lebih besar. Tujuannya agar roda tidak keluar dari rel. Lubangi tutup botol dengan bor, pasang tusuk gigi. Kemudian tancapkan roda pada dinamo. Buat juga roda yang sama untuk bagian belakang mesin dan juga untuk roda gerbong belakang.


Buat Gerbong kereta api.
Untuk membuat gerbong kereta api menggunakan kardus. Lihat pada video. Setelah dibuat tutup mesin dengan gerbong ini. Sertakan juga lubang untuk saklar kereta api. Buat beberapa gerbong sesuai yang diinginkan. Pada video saya membuat 3 gerbong dan satu lagi gerbong bagian kepala. Untuk bagian penarik gerbong saya menggunakan stik es krim yang sudah dilubangi dan diberi tusuk sate pada bagian lainnya.


Mewarnai kereta api mainan
Untuk mewarnai kamu bisa menggunakan cat. Menggunakan cat sebenarnya lebih bagus. Karena tidak mempunyai cat, saya menggunakan kertas origami. Disini saya memerlukan lem oleh untuk merekatkannya.


Membuat rel kereta Api.
Saya sudah membuat rel menggunakan kardus tetapi rel yang saya buat tidak berjalan sebagai mana mestinya, makanya tidak saya sertakan dalam video. Mungkin anda bisa membuatnya. Kegagalan saya membuat rel mungkin karena roda saya menggunakan kardus sehingga lembut dan tidak kuat sehingga saat dicoba kereta api tidak berjalan direlnya dan mudah keluar dari jalurnya.

Demikianlah cara membuat mainan kereta api ini. Untuk selengkapnya silakan tonton cara membuat kereta mainan ini sampai selesai. Dalam membuat mainan seperti ini diperlukan ketelitian, kesabaran. Karena prosesnya tidak selalu mulus. Saya membuat kereta api ini beberapa hari tapi masih gagal juga. Rel yang saya buat sudah banyak tapi tidak bisa dipakai juga.

Semoga Anda Suka ide video kereta ini. Jika Anda suka, jangan lupa untuk subscribe, like, berkomentar, dan bagikan semua orang agar banyak orang yang tahu Anda bisa membuat kereta dari kotak kardus.

Jika ada kritik dan saran silakan dikomentar. Jika anda punya ide, mainan apa yang mungkin anda mau dibuatkan silakan komentar. Saya lebih aktif di youtube silakan berkomentar disana. 

Terima kasih sudah membaca semoga anda menikmatinya.
Next Post Previous Post