Cara Membuat Globe dari kertas dan stik es krim


Cara Membuat globe dari kertas dan stik es krim


Cara membuat miniatur globe keren. Globe atau miniatur bumi dalam bentuk bola, memang menarik untuk dimiliki, selain keren juga berguna sebagai media pembelajaran. Namun bagi anda yang ingin memiliki globe dengan tampil beda, anda dapat membuatnya sendiri loh.

Anda dapat memilih miniatur globe yang anda bikin sendiri. Lucu ya miniatur dari , tapi inilah yang membuat unik. Bahannya juga mudah didapat, anda hanya perlu kreatif dan mengikuti langkah-langkah cara membuat miniatur globe berikut ini.


Tahapan Membuat Miniatur Globe


Persiapan bahan pembuatan miniatur globe
  • Stik es krim
  • Balon
  • Cara membuat miniatur : kertas bekas
  • Tusuk sate
  • Sedotan
  • Cutter
  • Lem kayu

Membuat bola globe

Gunting cara membuat miniatur kertas bekas menjadi persegi kecil.

Tiup balon, jangan sampai besar, sedang saja.
Kertas yang sudah digunting tadi, ditempel menggunakan lem ke balon. Usahakan kertasnya banyak dan ditempel berlapis-lapis, supaya tebal
Cara membuat miniatur globe selanjutnya adalah menusuk bagian tengah bola yang sudah kering tadi menggunakan tusuk sate. Bola juga di cat putih.

Baca juga cara membuat miniatur becak

Membuat alas globe

Susun rapi stik es krim sebanyak 11 – 12 baris.
Susun lagi Cara membuat miniatur di atasnya 11 – 12 baris dengan rapi, menjadi papan yang lumayan tebal.










Siapkan jangka untuk melingkari, lalu potong mengikuti lingkaran, haluskan dengan amplas supaya rapi. Anda sudah mendapatkan alas untuk globe.

Membuat kerangka penyokong globe

Buatlah cara membuat miniatur gambar seperti kerangka globe namun lebih kecil, jika anda tidak tahu bentuknya seperti celurit, yang ujung dekat pegangannya ditambah membentuk huruf “C”. lalu gambar di potong.
Potong kecil-kecil stik es krim, paling tidak menjadi 3 sampai 4 bagian.
Tempelkan potongan stik es krim pada gambar sesuai pola. Tempelkan sampai berlapis-lapis supaya kerangka menjadi kokoh dan kuat. Cara membuat miniatur selanjutnya adalah penggabungan.
Jika sudah kering, rapikan ujung kerangka menggunakan cutter dan amplas, supaya terlihat indah dan baik.

Baca juga cara membuat buah dari kardus

Menggabungkan semua bagian

Gabungkan Cara membuat miniatur alas dengan kerangka penyokong, potong terlebih dahulu bagian bawah penyokong supaya mendapatkan bidang datar untuk dapat ditempel ke alas.Perkuat dengan menempelkan beberapa potongan stik es krim kecil keping  bagian yang disatukan.

Siapkan Cara membuat miniatur atusuk sate pastikan panjangnya sama dengan huruf “C” penyongkong, masukan tusuk sate kedalam bola globe, lalu masukan ujung-ujung tusuk sate ke dalam sedotan yang sudah dipotong kecil.

Gabungkan bola dengan kerangka tadi, anda dapat membuka penyongkong dan memasukan ujung yang ada sedotan, lalu menempelkannya lagi, supaya bola dapat berputar.

Lukis bola globe yang masih putih seperti globe yang asli. Sekian cara membuat miniatur globe.

Video pembuatan globe dari kertas dan stik es krim


Jangan lupa untuk dicoba ya, selain gambar globe, bola itu juga dapat anda gambar sesuai kreasi anda. Sudah minat untuk mencoba? Jika masih bingung cara membuat meniatur globe,.
Next Post Previous Post