Cara Membuat Miniatur Bus dengan Tripleks Bekas

Tips dan Trik Cara Membuat Miniatur Bus dengan Tripleks Bekas Atau Limbah Rumah Tangga


Tips dan Trik Cara Membuat Miniatur Bus dengan Tripleks Bekas Atau Limbah Rumah Tangga Masyarakat kita terutama anak-anak menyukai permainan dari miniatur. Tidak hanya anak-anak, sebetulnya orang dewasa juga menyukai miniatur sebagai inspirasi desain tiga dimensi. Bagi yang menyu


kai desain tiga dimensi, mereka biasanya membuat miniatur atau maket untuk dijadikan desain yang divisualkan secara nyata. 

Banyak sekali yang membeli bahkan membuat sendiri miniatur seperti mobil, rumah-rumahan, bahkan menara eiffel untuk dijadikan pajangan yang sedap dipandang. Pada zaman dulu, miniatur sudah dikenal oleh anak-anak pada saat itu sebagai permainan yang menyenangkan.

Video diatas adalah cara membuat miniatur bus dari tripleks secara lengkap. Ada banyak tahapan videonya.

Di era sekarang, cara membuat miniatur sudah lebih modern dengan desain yang rumit. Ada banyak cara untuk membuat miniatur secara sederhana namun memiliki nilai jual tinggi. Bagi pecinta lingkungan, sangat bisa memanfaatkan limbah  seperti kertas bekas, kaleng bekas, atau ban bekas yang dapat disulap menjadi miniatur. Hal ini sangat bermanfaat utuk mengurangi limbah di lingkungan sekitar kita.

Artikel ini akan membahas bagaimana kiat-kiat membuat miniatur dengan bahan bekas secara ekonomis dan murah tapi memiliki nilai jual tinggi, sehingga kamu bisa menjualnya untuk dijadikan sebagai ladang bisnis

Cara Membuat Miniatur Bus Terbuat dari Tripleks Bekas dan Stik Es Krim Untuk Anak-Anak

Siapkan barang bekas seperti tripleks bekas sebagai bahan utama pembuatan bodi bus 

Pada artikel ini, menggunakan tripleks bekas yang tidak terpakai namun masih bisa digunakan untuk membuat miniatur. Hal ini dikarenakan tripleks yang tidak terpakai hanya berujung menjadi limbah rumah tangga yang memenuhi tempat pembuangan sampah akhir di beberapa daerah.

Siapkan alat tulis beserta styrofoam untuk membuat desain pola atau sketsa miniatur yang akan dibuat

Diantaranya cara membuat miniatur pensil, penggaris, lem kayu, penghapus, spidol, pulpen, cutter untuk memotong dan cat air atau pewarna lainnya. Pada artikel ini disarankan untuk menggunakan cat kayu karena tahan air dan tahan rayap dikarenakan bahan utamanya yaitu tripleks kayu.

Menggambar pola desain atau sketsa miniatur bus

Untuk desain, sebetulnya di youtube telah banyak tutorial tersebar atau pada artikel-artikel yang tersebar di google. Tinggal kita menentukan desain pilihan kita sendiri. Kita gambar bodi utama bus pada tripleks sesuai desain yang diinginkan menggunakan pensil dan penggaris. 

Menggambar bagian-bagian bus 

Gambar cara membuat miniatur bagian-bagian bus terutama jendela, roda dan pintu bus sesuai desain yang diinginkan.

Memotong bagian-bagian bus 

Potong bagian-bagian bus yang menjadi pola tadi dengan pisau kayu atau gergaji dengan bantuan penggaris agar presisi dan tidak berantakan. Usahakan potong bagian utama bus terlebih dahulu.

Merakit bagian-bagian utama bus dengan lem kayu

Setelah itu cara membuat miniatur, rakitlah satu per satu bagian utama bus dengan menggunakan lem kayu hingga menjadi bus tiga dimensi. Hal ini sudah mencapai setengah perjalanan membuat miniatur bus 

Mewarnai miniatur rumah dengan cat kayu

Gunakan cat kayu pada saat pewarnaan miniatur bus. Lalu, warnai miniatur bus sesuai selera. Kemudian keringkan miniatur dibawah sinar matahari agar cat kering. Jika Anda ingin menggunakan cat semprot buatan sendiri bisa baca cara membuat cat semprot sendiri.

Memasang aksesori bus

Pasang cara membuat miniatur aksesori bus dengan menggunakan lem kayu dengan cara menempel atau sebagainya. Kemudian cat bagian aksesori bus seperti jendela dan pintu serta roda. 

Demikian tips dan trik cara membuat miniatur dengan cara yang mudah dan harga ekonomis agar bisa menarik perhatian banyak orang ketika dijual ke masyarakat. Untuk tutorialnya, kamu bisa temukan di media sosial atau komunitas desain yang ada. 

Next Post Previous Post