Cara Membuat Miniatur Rumah-rumahan dari Karton Kardus Bekas Limbah Rumah Tangga

Miniatur rumah dari kardus dan kertas origami

Cara Membuat Miniatur Rumah-rumahan dari Karton Kardus Bekas Limbah Rumah Tangga



Cara Membuat Miniatur Rumah-rumahan dari Karton Kardus Bekas Limbah Rumah Tangga Apalagi di zaman sekarang, teknologi sudah maju dengan ilmu pengetahuan yang membuat desain miniatur lebih menarik. Kamu bisa temukan contoh-contoh desain miniatur di blog, website atau youtube. Untuk ide, jangan khawatir. Ide-ide cemerlang banyak bertebaran di internet atau sosial media.

Oleh karena itu dibutuhkan ide untuk membuat sketsa bahkan desain visual untuk cara membuat miniatur bila ingin mendapatkan keuntungan komersil. Untuk membuat miniatur ini dibutuhkan ketelitian dalam membuatnya. Alat-alat yang digunakan bahkan bahannya mungkin harus memiliki mutu yang bagus agar hasilnya bagus

Banyak sekali yang membeli bahkan membuat sendiri miniatur seperti mobil, rumah-rumahan, bahkan menara eiffel untuk dijadikan pajangan yang sedap dipandang. Pada zaman dulu, miniatur sudah dikenal oleh anak-anak pada saat itu sebagai permainan yang menyenangkan.

Di era sekarang, cara membuat miniatur sudah lebih modern dengan desain yang rumit. Ada banyak cara untuk membuat miniatur secara sederhana namun memiliki nilai jual tinggi. Bagi pecinta lingkungan, sangat bisa memanfaatkan limbah  seperti kertas bekas, kaleng bekas, atau ban bekas yang dapat disulap menjadi miniatur. Hal ini sangat bermanfaat utuk mengurangi limbah di lingkungan sekitar kita.

Desain miniatur sederhananya bisa dicek pada ulasan berikut ini

Siapkan barang bekas daur ulang yang masih bisa dipakai 

Pada artikel ini, menggunakan karton kardus bekas yang tidak terpakai namun masih bisa digunakan untuk membuat miniatur. Hal ini dikarenakan kardus yang tidak terpakai hanya berujung menjadi limbah rumah tangga yang memenuhi tempat pembuangan sampah akhir di beberapa daerah.

Siapkan ATK (alat tulis kantor) untuk membuat desain pola atau sketsa miniatur yang akan dibuat

Diantaranya cara membuat miniatur pensil, penggaris, penghapus, spidol, pulpen, cutter untuk memotong dan cat air atau pewarna lainnya. Pada artikel ini disarankan untuk menggunakan cat air karena ramah dengan anak-anak. Selain itu, warna yang dihasilkan juga sangat kuat asalkan tidak terkena air.

Menggambar pola desain atau sketsa miniatur rumah-rumahan

Untuk desain, sebetulnya di youtube telah banyak tutorial tersebar atau pada artikel-artikel yang tersebar di google. Tinggal kita menentukan desain pilihan kita sendiri. Lalu, menggambar bagian-bagian utama rumah pada kardus seperti pintu, jendela, dan lain-lain. Bisa juga menambahkan aksesori pohon, pagar, dan sebagainya sesuai selera.

Memotong bagian-bagian rumah yang sudah selesai digambar

Potong cara membuat miniatur bagian-bagian rumah yang menjadi pola tadi dengan cutter dengan bantuan penggaris agar presisi dan tidak berantakan. Usahakan potong bagian utama rumah terlebih dahulu.

Merakit bagian-bagian utama rumah

Setelah itu, rakitlah satu per satu bagian utama rumah hingga menjadi rumah tiga dimensi. Hal ini sudah mencapai setengah perjalanan membuat miniatur rumah.

Mewarnai miniatur rumah dengan cat air

Gunakan cara membuat miniatur at air pada saat pewarnaan miniatur rumah. Lalu, warnai miniatur sesuai selera. Pada saat mewarnai usahakan kardus jangan sampai basah. Setelah itu, keringkan pewarnaan tadi hingga miniatur benar-benar kering.

Memasang aksesori rumah

Pasang aksesori rumah-rumahan dengan menggunakan lem dengan cara menempel atau sebagainya. Selain itu juga tambahkan aksesori rumah lainnya seperti pohon dan pagar agar rumah terlihat indah. 

Demikian tips dan trik cara membuat miniatur rumah-rumahan dari bahan bekas atau limbah rumah tangga dengan cara yang mudah dan harga ekonomis agar bisa menarik perhatian banyak orang ketika dijual ke masyarakat. Untuk tutorialnya, kamu bisa temukan di media sosial atau komunitas desain yang ada. 






Next Post Previous Post