Cara Membuat Kotak Pensil Ajaib dari Kardus

cara membuat kotak pensil ajaib

Cara Membuat Kotak Pensil Ajaib dari Kardus – Kotak pensil biasanya di beli di toko alat tulis maupun stationery. Padahal dengan kardus yang sudah tidak terpakai, Anda bisa membuat kotak pensil dengan bahan-bahan yang sederhana. Ini juga dapat digunakan sebagai bentuk aktifitas motorik yang tepat untuk perkembangan anak.

Ada pula kotak pensil ajaib, dimana ketika Anda meletakkan suatu barang di dalamnya, benda tersebut akan menghilang. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa menggunakannya sebagai tipuan atau yang asik dimainkan.

Untuk cara membuat kotak pensil ajaib, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Peralatan yang perlu Anda persiapkan adalah kardus, lem, gunting, dan berbagai peralatan kerajinan lainnya.

1. Siapkan berbagai persegi panjang dari kardus bekas, dengan masing-masing ukuran:
  • Dua buah persegi dengan ukuran masing-masing 5 cm.
  • Persegi panjang dengan lebar 1,5 cm dan panjang 20 cm.
  • Cara membuat miniatur,persegi panjang dengan lebar 2 cm dan panjang 20 cm.
  • 2 buah persegi panjang dengan lebar 3 cm dan panjang 20 cm.
  • Sebuah persegi panjang dengan ukuran lebar 5,5 cm dan panjang 20 cm.
  • Dua buah persegi panjang dengan lebar 13 cm dan panjang 20 cm.
cara membuat kotak pensil ajaib


2. Setelah semuanya siap, berikan lem di masing-masing ujungnya dan satukan membentuk kotak pensil biasa.

cara membuat kotak pensil ajaib

3. Cara membuat kotak pensil selanjutnya adalah membuat tempat persembunyian pensil. Beri jarak sekitar 1 cm sebagai tempat jatuhnya pensil.

cara membuat kotak pensil ajaib


4. tutup dengan rapi, kemudian coba gerakan apakah pensi jatuh ke dalam kotak di bagian bawah wadah. Jika berhasil, Anda bisa langsung membeikan lapisan penutup pada bagian depan, belakang dan atas.


cara membuat kotak pensil ajaib


5. Di pinggir dan ujung cara membuat miniatur wadah tempat pensil, lapisi dengan bagian luar kardus agar terlihat lebih rapi. Berikan lem di satu sisi, kemudian tempelkan sesuai dengan garisnya. 

cara membuat kotak pensil ajaib



6. Untuk membuat bagian penutup,
Anda bisa menggunakan pengait dan magnet. Pasang dengan rapi menggunakn lem bakar yang sudahh dipanaskan.

cara membuat kotak pensil ajaib


7. Langkah selanjutnya untuk cara membuat kotak pensil ajaib ini adalah mencobanya terlebih dahulu, dan memeriksa apakah semua lem sudah merekat dengan sempurna.

8. Bolak-balikkan wadah pensil ajaib tersebut untuk mencobanya benar-benar berfungsi, jika digeser dengan tepat pensil yang sebelumnya hilang akan naik kembali ke wadahnya.

Mudah bukan untuk membuat miniatur kotak pensil ajaib tersebut? Anda bisa mencobanya di rumah karena bahannya mudah di dapatkan dan gampang untuk dibuat.

Demikianlah ulasan dan tutorial singkat cara membuat miniatur kotak pensil ajaib yang bisa Anda coba. Karena menggunakan lem bakar berhati-hatilah dalam membuatnya, dan sebaiknya dibuat bersama dengan orang yang lebih dewasa untuk menjaga agar terhindar dari kecelakaan.



Next Post Previous Post