Membuat Miniature Rumah dari batang korek api

Menjadi Kreatif dengan Cara Membuat Miniature Rumah


Cara Membuat Miniature Rumah dari batang korek api – Banyak cara dilakukan orangtua untuk menumbuhkan daya inovasi dan kreatifitas anak. Ada yang mengajak anak mendongeng dan bertanya jawab, ada juga yang mengajak anaknya untuk menggambar bebas sesuai keinginannya.

Beberapa orangtua mengajak anaknya berjalan-jalan dan menyuruh menceritakan kembali apa yang telah mereka lihat. Mengajak anak mengasah kreatifitas dengan membuat miniatur rumah secara sederhana juga bisa kita lakukan. Yuk, simak cara membuat miniatur rumah menggunakan bahan korek api kayu.

Cara Membuat Miniature Rumah

1. Siapkan Korek api kayu sebagai bahan utama

Untuk membuat miniatur rumah dengan bahan korek api, kita bisa menggunakan bahan yang murah dan mudah didapatkan, yaitu kardus, korek api dan stik es krim. Pilihlah kardus yang tebal dan kaku untuk bagian alasnya. sehingga ketika memindahkan miniatur saat sudah jadi nanti, rumah tidak meleot.


Stik es krim
Disini stik es krim digunakan untuk bagian tiang dan bagian belakang batang korek api supaya korek api dapat menjadi tegak. pada bagian variasi atas rumah dan kursi taman juga menggunakan stik es krim.

Kardus
Penggunaan kardus pada video ini dimanfaatkan untuk bagian dasar meletakkan miniatur rumah. juga kardus digunakan untuk membuat pagar yang kemusian diisi dengan batang-batang korek api kayu.

Kain flanel
Kain flanel digunakan untuk memuat rumput halaman dan membuat dedaunan pepohonan.

Cat
Untuk mempercantik miniatur rumah yang dibuat  bisa menggunakan cat. Namun disini saya hanya sedikit menggunakan cat, karena stok cat saya habis. jadi dicat seadaanya saja.

2. Membuat Pola



Sebelum membuat pola, ajak anak untuk merancang dan menggambar terlebih dahulu bentuk rumah yang ingin dibuat. Gambar rancangan ini kemudian bisa dituangkan dalam bentuk pola di atas kardus. Gunakan penggaris agar dapat mengukur detail polanya. Pola-pola ini termasuk jendela, pintu, atap, dan bagian-bagian lain dari rumah. Bila kesulitan merancang bentuk dan pola, anda dapat mencari contekannya di internet. Setelah pola jadi, ajak anak untuk mengguntingnya. Awasi saat menggunting agar tidak melukai tangannya.

3. Merakit Pola



Langkah selanjutnya untuk cara membuat miniature rumah adalah merakit potongan-potongan pola yang sudah digunting tadi. Mula-mula rekatkan bagian badan rumah dengan lem secara rapi. Beri lem pada pinggiran sambungan kardus, pegang kuat dengan tangan dan tahan selama kurang lebih satu menit agar lem merekat dengan baik. Setelah bagian badan rumah menempel sempurna, anda dapat menempelkanya menjadi satu dengan bagian atap rumah dengan rapi.

4. Warnai Rumah Agar Tampak Indah



Warnai rumah miniatur anda dengan cat agar tampak indah. Mula-mula lapisi dengan cat pelapis, biarkan kering. Setelah kering mulailah mengecat sisi-sisi dan bagian atap rumah. Anak-anak sangat menyukai bagian ini. Biarkan mereka bereksplorasi dan mengecat rumah dengan warna yang mereka suka. Jangan lupa untuk merekatkan potongan pola berupa pintu dan jendela rumah. Sebagai hiasan tambahan, anda bisa membuat pola tumbuhan dan pepohonan untuk mempercantik miniatur anda.

Demikianlah cara membuat miniature rumah sederhana dari kardus. Sangat mudah, bukan? Selain mudah, bahan yang dipakaipun termasuk murah. Yang perlu diperhatikan adalah saat bekerja jangan biarkan anak memegang benda tajam tanpa pengawasan. Cutter dan gunting adalah benda berbahaya yang dapat melukai tubuh. Jangan anggap remeh juga bagian sudut dan sisi kardus karena terkadang bagian ini sangat tajam dan dapat melukai anak.

Lihat juga cara membuat miniatur rumah seperti pada game PUBG



Next Post Previous Post